Review Artikel #3, Strategi Evolusi Organisasi Mencapai “Sustainability Development Era”

Hai rekan – rekan, apakah ada yang membutuhkan artikel tentang perusahaan yang berhasil mengimplementasikan integrated reporting system (meninggalkan reporting mix system)? Atau artikel tentang perubahan organisasi yang sukses (tidak gagal)? Atau artikel tentang perubahan organisasi yang bersifat evolusi (bukan revolusi)? Atau tentang peran agen dan pemimpin organisasi dengan karakter proaktif, komitmen dan peduli dengan isu sustainability development? Jika ada, maka artikel yang akan saya review berikut ini berkaitan erat, serta dapat menjawab kebutuhan rekan-rekan. Silahkan disimak dan jika membutuhkan artikel aslinya, silahkan diunduh pada link yang tersedia di bagian akhir ulasan ini.

Judul asli : Social and Environmental Accounting, Organisational Change and Management Accounting: A Processual View

Penulis : Massimo Contrafatto dan John Burns (2013)

Penelitian ini dilakukan pada sebuah perusahaan multinasional di Italia yang bernama MARIO. Intinya, artikel ini mendeskripsikan bagaimana Social Environmental Accounting Research (SEAR) berhasil diimplementasikan oleh perusahaan. Praktik ini dilaksanakan secara sempurna dan matang (bahasa dalam artikel “mature”) sehingga praktik SEAR tersebut berhasil digunakan dan dilibatkan dalam perencanaan dan pengendalian strategis perusahaan. Hal ini tentu sangat menarik karena pada umumnya isu lingkungan sulit diadopsi dan jarang berhasil diimplementasikan oleh perusahaan, dan bahkan hampir tidak pernah dilibatkan dalam keputusan strategis pada tingkat korporat. Hal yang lebih menarik dari artikel ini adalah statementnya yang mengatakan bahwa proses perubahan terjadi secara mulus. Ini tentu juga jarang ditemukan dalam research paper tentang topik perubahan organisasi, karena biasanya perubahan organisasi selalu diiringi dengan gejolak dan penolakan dari anggota organisasi lainnya. Dampak sukses dari kematangan implementasi SEAR adalah keberhasilan perusahaan tersebut meninggalkan reporting mix system, dan beralih menggunakan integrated reporting system. Kenapa bisa demikian?

Ternyata, jawaban dalam penelitian ini menemukan bahwa kunci keberhasilan tersebut terletak pada AGEN. Agen tersebut adalah seorang CEO yang baru terpilih, berasal dari luar organisasi, sangat powerful dan bersifat proaktif terhadap perubahan lingkungan eksternal perusahaan terutama pada isu sustainability. Agen sejatinya memiliki power dan posisi politis untuk melakukan mobilisasi atau perubahan pada internal organisasi. Namun terkadang perubahan tersebut gagal, atau memunculkan penolakan. Apalagi perubahan tersebut berhubungan dengan kebiasaan dan pola pikir lama yang telah mengakar kuat serta membudaya dalam  organisasi. Sebaliknya, pada kasus MARIO perubahan justru terjadi tanpa penolakan dan berbuah keberhasilan.

Strategi awal yang dilakukan oleh CEO mencapai itu semua adalah dengan membangun sebuah komunitas yang memiliki skill, profesionalisme dan kompetensi yang berhubungan dengan semua hal tentang sustainability. Komunitas ini terdiri dari staf-staf yang merupakan perwakilan dari setiap departemen, sehingga aktifitas setiap departemen yang berhubungan dengan proyek sustainability dapat diakomodasi. Proyek sustainability tersebut bahkan mampu merumuskan management system guidelines (MSG) sebagai panduan anggota organisasi melaksanakan program sustainability secara praktis. Dapat dikatakan bahwa staf komunitas dengan anggota dari lintas departemen ini sangat powerful dalam menjalankan taktik difusi dan penyebaran program – program sustainability keseluruh lini organisasi. Singkatnya, strategi perubahan evolusi, sikap inisiatif, komitmen dari agen, komunikasi intraorganisasi yang baik, dan interaksi dengan lingkunga eksternal yang baik dideskripsikan dengan sangat jelas dan runut. Tentunya ini sangat memudahkan kita dalam memahami bagaimana perusahaan MARIO bisa berhasil mencapai sustainability era, dan bahkan berhasil mengangkat praktik SEAR menjadi bagian dari pengambilan keputusan strategis organisasi.

Demikian ulasan singkat saya tentang artikel ini. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Jika membutuhkan artikel aslinya, silahkan Download pada link berikut. Sampai jumpa lagi pada ulasan artikel berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *